Selasa, 04 Januari 2022

Rabu , 5 Januari 2022

 


Hari/Tanggal              : Rabu , 5 Januari  2022

Tema                           : 6 ( Cita- citaku )

Subtema                      : 1 (Aku dan Cita -citaku )

Pembelajaran              : 5 ( lima )

Alat Peraga                 : Gambar dan Video

Kompetensi Dasar     :  BI ;3.6 dan 4.6 SBDP; 3.2 dan  4.2  PPKN 3.3 dan 4.3




Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? Semoga di pembelajaran semester ini kita lebih semangat dalam belajar. Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya  ya nak 💪😘

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak..!


Bahasa Indonesia

Menceritakan Kembali Isi Puisi 

Kamu telah belajar cara menjelaskan makna puisi pada setiap bait nya di pembelajaran sebelumnya. Sekarang , ayo belajar menceritakan kembali isi puisi secara keseluruhan .oleh sebab itu ,untuk  dapat menceritakan kembali  isi puisi secara keseluruhan kita perlu memahami makna puisi dengan benar.Agar kamu dapat menciratakan kembali isi puisi dengan benar ,lakukan hal berikut .

1. Cermati makna puisi pada setiap bait nya !

2. Tuliskan makna dari setiap bait puisi yang kamu baca!

3. Gabungkan seluruh makna yang kamu temukan dalam puisi tersebut ke dalam sebuah tulisanmu tersebut !

Contoh :

Bacalah kutipan puisi berikut !

Perkakas dan oli menjadi kawan nya sehari-hari

Pakean kotor pun ia tak peduli

Semua dilakukan sepenuh hati

Demi mendapat sedikit rezeki 

Kutipan puisi tersebut menceritakan tentang montir .Dalam puisi tersebut juga diceritakan bahwa seorang montir bekerja dengan semangat agar mendapat rezeki untuk kehidupan sehari-hari.



SBDP 

Menjelaskan Tempo dan Tinggi Rendah Nada

Selain belajar tentang ketukan ,jonas juga belajar tentang tempo dan tinggi rendah nada.Setiap lagu memiliki tempo yang berbeda beda .Ada yang bertempo cepat ,sedang,dan lambat. Tanda tempo dalam lagu biasanya ditulis dibagian atas sebelah kiri .


  • Istilah atau tanda tempo

          1.    Largo         = lambat sekali    
          2.    Lento          = lebih lambat    
          3.    Adagio        = lambat         
          4.    Andante      = sedang    
          5.    Presto         = cepat sekali 
          6.    Moderato   = sedang agak cepat
          7.    Allegro       = cepat
          8.    Vivace        = lebih cepat


Dalam menyanyikan  kita harus memperhatikan tinggi dan rendah nya nada.unruk membedakan tinggi rendah nada ucapkan nada nada lagu berikut !

Contoh lagu Tempo Cepat



Contoh lagu Tempo Lambat



PPKN 

Seperti yang kita ketahui, keberagaman karakteristik individu bisa berbentuk apa saja, nah dibawah ini ada beberapa bentuk karakteristik individu yang bisa kamu temui di lingkungan sekitar kamu. Beserta dengan manfaatnya:

1. Jenis kelamin. 

Yang pertama ada perbedaan jenis kelamin. Dengan karakteristik individu ini kita bisa membedakan peranan dalam kehidupan. Misalnya sebagai laki-laki, ketika ada kegiatan gotong royong, akan bisa menjalankan berbagai kegiatan yang lebih membutuhkan fisik. Sedangkan perempuan akan bisa membantu pekerjaan yang lebih ringan

2. Ras / Suku.

Perbedaan suku/ras dapat memperkaya budaya suatu negara atau lingkungan, dan dengan mempelajari budaya-budaya yang berbeda ini wawasan kita tentang Nusantara bertambah , selain itu kita dapat belajar memahami dan mengetahui karakteristik ras dan suku.

3. Pengetahuan dan kecerdasan.

Tentu saja setiap orang memiliki kecerdasan yang harus  diasah, keberagaman ini akan membawa banyak hal positif. Yang lebih pintar akan bisa membantu teman-teman yang masih belum paham, sehingga nantinya akan terbentuk lingkungan yang baik.

4. Keyakinan atau agama.

Setiap orang memiliki kepercayaan dan agama nya masing-masing. Melalui keberagaman karakteristik individu ini kita bisa belajar untuk saling menghormati satu sama lain. Sekaligus hidup rukun bertetangga tanpa membeda-bedakan keyakinan atau agama yang dianut oleh tetangga kita.

5. Hobi

Keberagaman yang satu ini akan bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan juga rasa ingin belajar bersama untuk bisa melaksanakan hobi masing-masing.

6. Umur

Keberagaman usia bisa menumbuhkan rasa saling menyayangi dan menghormati. Yang lebih tua akan menyayangi serta bisa membimbing yang lebih muda, dan yang yang muda akan berusaha menghormati yang lebih tua.

7. Kepribadian 

Hal ini bisa menciptakan hidup rukun satu sama lain / kita bisa mengetahui sifat sifat atau karakter dari orang. Kita juga bisa mengatur sikap apabila berjumpa dengan orang tertentu.

Tugas !

Kerjakan dibuku Tematik dan semangat dalam mengerjakan jangan lupa membaca materi ya !💪

1.Ciri fisik yang paling mudah untuk membedakan antara suku yang ada di sekitar kita yaitu ….
a. sifat
b. agama
c. baju adat
d. pekerjaan

2.Profesi yang diharapkan seseorang di masa mendatang disebut …..
a. impian
b. cita-cita
c. khayalan
d. imajinasi


Perhatikan puisi di bawah ini !

              CITA.CITAKU

Karya: Ira Akhadi

Jika sudah tercapai umurku

Aku ingin menjadi seperti dirimu

Yang senantiasa mengabdikan tenagamu

Untuk para pasienmu

Tidak takut tertular penyakit
Tidak takut dengan jarum suntik
Berani mengambil risiko
Karena keberanian adalah modal utamamu

3.Jumlah bait pada puisi yang berjudul Cita Citaku di atas terdiri dari …. bait
a. 2
b. 3
c. 4
d. 8

4.Langkah pertama dalam menyusun sebuah karya puisi adalah ….
a. menentukan jumlah bait
b. menentukan diksi
c. menentukan tema
d. menentukan judul

5.Kelompok hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah ….
a. Nyamuk dan katak
b. Lipas dan jangkrik
c. Capung dan lalat
d. Belalang dan kupu kupu


Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada kolom komentar blog Pak Rizki ya 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 4 B

3. Mengirimkan dokumentasi Hasil Tugas ke WhatsApp Pak Rizki

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri Pak Rizki ya )















6 Komentar:

Pada 4 Januari 2022 pukul 16.56 , Blogger INFORMATIKA SPALGA mengatakan...

Assalamualaikum pak Adiva Nafeeza kelas 4B hadir pak

 
Pada 4 Januari 2022 pukul 16.58 , Blogger Ahmad Fauzan Sabillah kls4B hadir mengatakan...

Ahmad Fauzan Sabillah kls4B hadir

 
Pada 4 Januari 2022 pukul 17.08 , Blogger Rania mengatakan...

Rania Azariandini Rahmadiono
Hadir pak

 
Pada 4 Januari 2022 pukul 17.11 , Blogger Al Jendra Ekasapta mengatakan...

AL JENDRA EKASAPTA
Kelas 4b/absen 2
hadir PAK

 
Pada 4 Januari 2022 pukul 18.13 , Blogger Ayuningtyas Wulandari mengatakan...

Assalamualaikum wrwb
Nama:Devani Audreliya Ramadhani
Kelas:4B
Ket:Hadir

 
Pada 4 Januari 2022 pukul 19.02 , Blogger ety mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda